Ayo Kenali Gejala Kanker Serviks Sejak Dini!

Our Score
Apakah artikel ini memuaskan?
[Total: 0 Average: 0]

Kanker serviks adalah jaringan kanker yang tumbuh disaluran reproduksi wanita, tepatnya pada bagian mulut rahim (serviks). Kanker itu sendiri muncul karena terdapat jaringan abnormal yang pertumbuhannya sangat cepat. Mula-mula, gejala kanker serviks umumnya tidak tampak.

Namun, seiring bertambahnya stadium kanker serviks tersebut maka gejala yang timbul mulai mengganggu. Gejala kanker serviks stadium lanjut tersebut antara lain pendarahan pada vagina, nyeri pada bagian serviks dan pendarahan saat berhubungan intim.

Gejala kanker serviks yang timbul tergantung pada pertumbuhan dan persebaran jaringan kanker tersebut

Penyebab Serangan Kanker Serviks

Kanker serviks diduga merupakan efek yang timbul akibat infeksi virus HPV (Human Papiloma Virus). Dari sumber yang Kami baca, disebutkan bahwa virus tersebut 90% berperan dalam perkembangan sel normal menjadi kanker serviks yang mematikan.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan serangan kanker serviks adalah merokok, daya tahan tubuh lemah, seks bebas saat usia muda, dan penggunaan pil kontrasepsi. Tahap pre-kanker hingga munculnya gejala kanker serviks tahap awal membutuhkan waktu hingga 10 tahun.

Deteksi Dini Serangan Kanker Serviks

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kanker serviks pada tahap awal tidak menimbulkan gejala yang terasa. Saat kanker mencapai stadium berbahaya, barulah gejala kanker tersebut akan muncul. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa uji untuk mengetahui apakah kanker tersebut telah menyerang mulut rahim Anda.

Metode Skrining Kanker Serviks

  1. Biopsi: Mengambil sedikit jaringan yang dicurigai sebagai kanker dan memeriksanya melalui mikroskop
  2. Medical Imaging: Scanning dengan alat khusus yang dapat membedakan jaringan sehat dan jaringan kanker
  3. Pap Smear: Mengambil contoh jaringan serviks dan rahim dan diamati melalui mikroskop setelah diberi pewarnaan yang dapat membedakan sel sehat dan sel kanker serviks (Gambar 2)

Informasi Skrining Kanker Serviks Lebih lanjut silahkan baca disini.

Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut

Gejala kanker serviks stadium lanjut menunjukkan bahwa kanker tersebut telah membesar dan bersifat destruktif terhadap jaringan sehat bahkan telah menyebar ke jaringan sekitar. gejala stadium lanjut tersebut antara lain:

  1. Nyeri dibagian bawah perut hingga paha
  2. Timbulnya darah saat kencing
  3. Kencing tidak terkontrol akibat sel kanker serviks yang mulai menjajah kandung kemih
  4. Kotoran berdarah dan susah buang air besar
  5. Anemia dan kelelahan akibat pendarahan organ dalam

Sumber

Sumber lebih lanjut.

Crosbie, Emma & Einstein, Mark & Franceschi, Silvia & Kitchener, Henry. (2013). Human papillomavirus and cervical cancer. Lancet. 382. 10.1016/S0140-6736(13)60022-7.

Leave a Comment