Contoh Pemanfaatan Bioteknologi Dibidang Lingkungan

Our Score
Apakah artikel ini memuaskan?
[Total: 1 Average: 5]

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi adalah salah satu cabang dari ilmu biologi yang secara spesifik mempelajari metode pemanfaatan segala jenis makhluk hidup baik berupa organisme mikroskopis seperti virus, bakteri dan fungi maupun makroskopis seperti tumbuhan dan beberapa jenis hewan. Selain memanfaatkan makhluk hidup secara langsung, bioteknologi juga memanfaatkan substansi yang dihasilkan dari makhluk hidup seperti alkohol dari yeast (fungi), vaksin dari sisa bagian virus, dan serum yang dihasilkan dari hewan uji. 

Perkembangan Bioteknologi Mutakhir

Setelah ilmu pengetahuan berkembang, bioteknologi tidak hanya sebatas aplikasi dari ilmu biologi. tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. Integrasi berbagai cabang ilmu pengetahuan tersebut telah menghasilkan banyak produk seperti rekayasa genetika, kultur jaringan, DNA rekombinan, pengembangbiakan sel induk, kloning, dan lain-lain.

Pemanfaatan Bioteknologi Untuk Lingkungan

Aplikasi dan pemanfaatan bioteknologi untuk lingkungan diwujudkan secara nyata dengan pemanfaatan agen biologis untuk mengurangi cemaran limbah. Beberapa alga mikroskopis seperti Scenedesmus sp. dan jenis alga mikroskopis lain dilaporkan mampu mengurangi kandungan logam dalam limbah.

Berbagai bakteri selulolitik (mampu memecah selulosa, serat karbohidrat penyusun dinding sel tumbuhan) dimanfaatkan sebagai agen bioremediasi menghadapi limbah organik pertanian yang menumpuk dan menimbulkan bau bila membusuk.

Bahkan dilaporkan suatu jenis bakteri yang mampu mendegradasi limbah tumpahan minyak mentah diperairan. Beberapa waktu yang lalu, mahasiswa ITB berhasil menemukan bakteri yang mampu memakan limbah biodiesel.

Nah, contoh diatas adalah salah satu aplikasi mikrobiologi lingkungan.

Leave a Comment