Jurnal Metode Pengembangan Tebu Transgenik Universitas Jember

Our Score
Apakah artikel ini memuaskan?
[Total: 1 Average: 4]

ABSTRAK: Perakitan Varietas Tebu PRG Produksi Gula Tinggi Melalui Rekayasa
Genetik Peningkatan Sintesis dan Transport Sukrosa

Penelitian bertujuan untuk merakit varietas unggul tebu melalui transformasi genetik dua gen yaitu gen untuk sintesis sukrosa (SoSPS1) dan gen untuk translokasi sukrosa (SoSUT1). Saat ini konstruk gen SoSPS1 dan SoSUT1 telah diselesaikan dan telah diuji coba transformasinya dalam tanaman model tomat. Overekspresi (transformasi) dua gen SoSPS1 dan SoSUT1 dapat meningkatkan kandungan sukrosa dan sekaligus produksi buat tomat transgenik (Dewanti, 2011). Mengacu keberhasilan pada tanaman tomat, overekspresi dua gen SoSPS1 dan SoSUT1 pada tebu diharapkan dapat meningkatkan kandungan sukrosa dan sekaligus produksi gula tebu. Peningkatan produksi gula tebu sudah tentu akan mengurangi import dan menjamin swasembada gula, dimana saat ini sekitar 50% dari kebutuhan gula nasional masih harus diimport.
Penelitian ini juga diarahkan untuk mendukung program konversi energi dengan menyediakan varietas unggul tebu PRG yang mampu memproduksi gula tinggi., sehingga peningkatan produktivitas gula tebu akan meningkatkan produksi gula sekaligus produksi bioethanol. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 3 (tiga) tahun dengan beberapa tahapan. Penelitian yang sudah dilakukan adalah transformasi tunggal gen SoSPS1 atau gen SoSUT1 pada tahun pertama dan transformasi ganda gen SoSPS1 dan gen SoSUT1 pada tahun ke dua. Penelitian dilakukan dengan transformasi gen SPS dan SUT pada eksplan tunas lateral tebu dilakukan dengan melalui Agrobacterium tumefaciens.

Download Jurnal Lengkap (PDF)

[gview file=”http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/58652/Bambang%20Sugiharto_mp3ei_dp2m_261.pdf”]

Isolation and Characterization of the Expression of Gene for Sucrose Transporter Proteins in Sugarcane Plant ( Saccharum officinarum)

Download Jurnal Tebu Transgenik .pdf Lengkap

 

1 thought on “Jurnal Metode Pengembangan Tebu Transgenik Universitas Jember”

Leave a Comment