Kaki Terkilir: Definisi, Penyembuhan, & Pencegahannya

Our Score
Apakah artikel ini memuaskan?
[Total: 1 Average: 5]

Penyebab rasa nyeri saat kaki terkilir adalah ligamen (pita keras yang terdiri dari jaringan fibrosa yang menghubungkan tulang satu sama lain di dalam sendi) yang sobek atau rusak. Biasanya, penyebab utama kaki terkilir atau keseleo adalah salah memilih sepatu. Jadi, beberapa merk sepatu sport seperti New Balance dapat meminimalisir kemungkinan Anda keseleo.

Sepatu dengan desain khusus seperti New Balance Supertoe dapat melindungi kaki Anda dari cedera akibat kaki terkilir.

Tingkat keparahan keseleo atau terkilir biasanya berkisar dari Tingkat I hingga Tingkat III.

  1. Tingkat I – Cedera terkilir ringan. Disebabkan oleh robekan mikroskopis atau peregangan pada ligamen kaki.
  2. Tingkat II (sedang) – Ligamen robek sebagian, dan peregangannya lebih parah dari tingkat I.
  3. Tingkat III (parah) – Ligamen benar-benar robek, sehingga kaki tidak lagi mampu menahan beban.


Karena kaki menanggung berat seluruh tubuh dengan setiap langkah dan mengandung banyak tulang dan persendian, Anda mungkin berharap kaki berisiko tinggi mengalami keseleo. Namun, keseleo pada kaki cukup jarang terjadi, kecuali pada orang yang berpartisipasi dalam olahraga atau pekerjaan tertentu yang menyebabkan kaki mengalami gerakan memutar atau regangan yang tidak normal.

Ligamen adalah jaringan ikat liat yang menghubungkan sendi-sendi pada tubuh (sumber: footeducation.com)

Area yang biasanya mengalami cedera kaki ini adalah telapak kaki bagian tengan dan sendi pertama metatarsophalangeal.

Cedera Terkilir Pada Daerah Telapak Kaki Tengah

Telapak kaki bagian tengah adalah bagian pada lengkungan kaki. Bagian ini salah satu adalah penopang berat tubuh utama. Biasanya, atlet yang terkilir jatuh dengan posisi bagian atas telapak tengah yang berputar/tertekuk ke arah bawah. Biasanya, keseleo pada daerah ini bisa menyebabkan cedera tingkat III. Bahkan, pada kasus yang parah, tulang telapak kaki Anda dapat patah dan timbul luka terbuka.

Sendi Pertama Metatarsophalangeal


Sendi metatarsophalangeal ruas pertama adalah sendi di pangkal jempol kaki. Biasanya, terkilir pada area ini disebabkan oleh jempol kaki yang tertekuk dan mengalami hiperekstensi. Atlet dan penggemar olahraga yang beresiko mengalami cedera ini adalah pemain sepak bola, futsal, dan penari balet. Anda dapat menggunakan sepatu yang didesain khusus untuk melindungi kaki. Misalnya sepatu New Balance Steel Toe 627V2.

Daerah Kaki yang sering cedera keseleo/terkilir adalah ruas jempol kaki dan telapak kaki bagian tengah

Pengobatan dan P3K Kaki Keseleo/Terkilir

Berdasarkan Harvard Health, ada empat hal yang harus dilakukan ketika kaki Anda terkilir:

  • Rest the joint: Istirahatkan bagian kaki Anda yang terkilir. Jangan banyak bergerak jika tidak diperlukan
  • Ice the injured area to reduce swelling: Cegah pembengkakan dengan mengompres bagian yang terkilir dengan es.
  • Compress the swelling with an elastic bandage: Bebat bagian tersebut dengan bebat yang elastis. Hal ini dilakukan untuk mencegah sendi Anda berlebihan gerakannya.
  • Elevate the injured area: Posisikan bagian yang cedera lebih tinggi dari posisinya. Jadi, istirahatkan kaki Anda dengan bantalan yang agak tinggi selama keseleo

Jika Anda tidak bisa menggerakkan kaki Anda sama sekali, atau tidak dapat menahan rasa sakit, segera ke dokter ortopedi setelah menerima pertolongan pertama.

Bagaimana Cara Mengobati Kaki Terkilir?

Cedera kaki akibat terkilir biasanya dapat diredakan dengan kompres dingin 3 kali sehari. Jika Anda menderita cedera yang parah hingga kaki Anda tidak dapat digerakkan, sebaiknya segera hubungi dokter ortopedi untuk mendapat pertolongan.

Bagaimana cara mengetahui bahwa kaki Anda keseleo?

Jalan atau angkat beban pada kaki yang terkilir jika memungkinkan. Jika Anda tidak dapat berdiri tegak, segera hubungi dokter ortopedi terdekat. Dokter akan memberi Anda bidai atau immobilizer. Kenakan bidai tersebut sesuai petunjuk.

Apa penyebab Keseleo?

Keseleo atau terkilir disebabkan oleh ligamen (jaringan ikat yang menghubungkan sendi-sendi pertulangan) yang sobek atau renggang. Penyebabnya adalah ligamen yang tertarik akibat bagian sendi tertekuk atau bergerak berlebihan.

Sumber Pustaka

Foot Sprain – Harvard Health

Anatomy of the foot and ankle