Makalah Fotosintesis Oksigenik Dan Anoksigenik

Our Score
Apakah artikel ini memuaskan?
[Total: 0 Average: 0]

Definisi Fotosintesis Pada Bakteri

Makalah Fotosintesis Oksigenik Dan Anoksigenik– Fotosintesis merupakan proses biologis yang paling penting dalam kehidupan. Fotosintesis adalah konversi energi cahaya menjadi energi kimia. Organisme yang memperoleh energi dengan cara tersebut disebut organisme fototrof. Energi cahaya digunakan untuk mereduksi CO2 menjadi materi organik sehingga proses biosintesis materi organik yang menggunakan energi cahaya disebut juga fotoautotrof. Didunia mikrobia, fotosintesis terbagi menjadi dua yakni fotosintesis oksigenik dan anoksigenik

Terdapat beberapa perbedaan antara jenis klorofil dan bakteriofil terutama perbedaan variasi panjang gelombang cahaya yang dapat diabsorpsi oleh kedua pigmen tersebut. Seperti klorofil b yang dapat mengapsorpsi gelombang cahaya dengan panjang gelombang maksimal 660nm. Klorofil a dan b umumnya dimiliki oleh tumbuhan sedangkan klorofil d dimiliki oleh beberapa prokariot fototrop sedangkan klorofil e hanya ditemukan pada beberapa eukariot fototropik saja. Pada organisme fotosintetik oksigenik pigmen utamanya adalah klorofil a dan b sedangkan organisme fotosintesis anoksigenik lebih banyak ditemukan bakterioklorofil sebagai pigmen utama. Bakterioklorofil umumnya dapat mengabsorpsi gelombang cahaya dari 800nm hingga 925nm.

Membran Fotosintesis dan Kloroplas

Pigmen-pigmen fotosintesis yang disebutkan sebelumnya membentuk kompleks (aparatus fotosintetik) pada suatu area pada membran sel yang disebut membran fotosintesis. Lokasi membran fotosintesis memiliki perbedaan antara organisme prokariot dan eukariot. Pada organisme eukariot membran fotosintesis terletak pada organel yang disebut kloroplas. Pigmen fotosintesis melekat pada kloroplas di membran berlipatan yang disebut tilakoid. Kompleks tilakioid membentuk struktur bertumpuk (grana). Pada kloroplas terdapat matriks yang melingkupi grana dan disebut stroma.

Demikian artikel Makalah Fotosintesis Oksigenik Dan Anoksigenik ini. Semoga membantu proses belajar Anda

1 thought on “Makalah Fotosintesis Oksigenik Dan Anoksigenik”

Leave a Comment