Tipe Sistem Peredaran Darah Pada Hewan

Our Score
Apakah artikel ini memuaskan?
[Total: 0 Average: 0]

Sistem Peredaran Pada Hewan

Makhluk hidup harus mampu menyuplai nutrien, menyalurkan gas dan substansi sampah dari maupun menuju sel. Organisme uniseluler menggunakan permukaan selnya untuk melaksanakan transportasi nutrien dan limbah tersebut.

Organisme multiseluler telah mengembangkan sistem spesifik yang bertanggung jawab dalam transportasi nutrisi maupun limbah metabolisme, sistem spesifik tersebut dikenal dengan sistem sirkulasi. Sistem sirkulasi umumnya terdiri dari komponen berikut:

  • Cairan yang berfungsi sebagai pengangkut nutrisi atau limbah metabolisme. Contoh: darah, cairan limfa
  • Sistem pembuluh: Saluran pendistribusi “darah”
  • Pompa: Modifikasi sistem pembuluh yang berfungsi memompa “darah”
  • exchange organ:¬†Tempat terjadinya pertukaran nutrisi, zat limbah metabolisme. Contoh: usus (nutrisi), paru-paru: gas CO2 dan O2

Tipe Sistem Peredaran Darah Pada Hewan

Pada hewan, sistem sirkulasi dibagi menjadi dua berdasarkan kompleksitas komponen sistem sirkulasi pada tubuh mereka. Tipe sistem peredaran darah pertama adalah sistem peredaran darah terbuka, dan yang lain adalah sistem peredaran darah tertutup.

sirkulasi darah
Dua jenis sirkulasi darah pada hewan:

Sistem Peredaran Darah Terbuka

Peredaran darah terbuka adalah peredaran atau distribusi darah ke seluruh jaringan dalam tubuh yang tidak selalu melewati pembuluh darah. Darah terkadang didistribusikan langsung menuju jaringan target tanpa mediasi pembuluh. Dalam sistem ini, perbedaan antara cairan darah dan cairan antar sel tidak dapat diketahui dengan pasti .

Sistem sirkulasi darah terbuka ini umum terdapat pada arthropoda dan molusca. Darah dipompakan menuju hemocoel (rongga tubuh) dan darah berdifusi kembali pada sistem pembuluh melalui celah-celah sel. dari sistem pembuluh, darah dibawa kembali ke jantung dan dipompakan dalam rongga tubuh, dimana jaringan dikelilingi oleh darah tersebut (gambar 1)

Sistem Sirkulasi Pada Arthropoda

Sistem Peredaran Darah Tertutup

Sistem peredaran darah tertutup terdapat pada  hewan vertebrata dan beberapa invertebrata. Karakteristik utama sistem ini adalah darah selalu dialirkan melalui pembuluh darah (gambar 2). Pembuluh darah yang terlibat memiliki perbedaan ketebalan, diameter dan elastisitas. Pada sistem ini, darah tidak langsung memenuhi rongga tubuh. Dan umumnya nutrisi maupun limbah metabolisme di-transfer secara difusi.

sistem peredaran darah ikan
Gambar 2. Sistem peredaran darah tertutup pada ikan
4.9/5

Leave a Comment