Situs Aktif Enzim dalam Paradigma Mekanika Kuantum

Our Score
Apakah artikel ini memuaskan?
[Total: 0 Average: 0]

Enzim bertanggung jawab terhadap keberlangsungan proses biologi fundamental dalam kehidupan seperti fotosintesus, fiksasi nitrogen dan respirasi. Proses tersebut dihandle oleh enzim pada bagian yang disebut active site atau situs aktif enzim. Namun, pemahaman akan active site enzim tersebut sangat minim terkait sedikitnya informasi terkait kemampuan katalis enzim secara kimiawi yang bisa didapat.

Saat ini, ilmuwan dari Pricenton University melaporkan observasi langsung terhadap keadaan elektrostatis dari iron-sulfur cluster, bagian situs aktif yang umum pada banyak enzim, dengan pendekatan komputasi berdasarkan pendekatan mekanika kuantum terhadap elektron pada cluster tersebut

“Kompleks tersebut telah digunakan sebagai model berdasarkan pendekatan mekanika kuantum.”

– Garnet Chan,Corresponding author pada artikel tersebut.

Pada cluster tersebut, elektron berinteraksi dengan kuat satu sama lain. Pergerakan elektron tersebut menyerupai sebuah tarian yang sangat kompleks. Untuk mengurangi kompleksifitas tersebut, kelompok ilmuwan tadi menggunakan penyederhanaan berdasarkan teori dasar mekanika kuantum, yang menyatakan bahwa elektron memiliki pola pergerakan yang spesifik.

Chan menyatakan bahwa pada pengamatan pertama, pergerakan elektron nampak sangat kompleks namun, kemudian ditemukan bahwa pergerakan tersebut sama dengan keributan yang terjadi pada ruangan yang ramai. Pengamatan tersebut memberi kesimpulan bahwa penarikan kesimpulan akan lebih sulit dari yang diperkirakan.

Leave a Comment