Pengertian & Penyusun Sistem Organisasi Kehidupan

Our Score
Apakah artikel ini memuaskan?
[Total: 2 Average: 5]

Sebagaimana kita ketahui, biologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari bermacam jenis mahluk hidup yang ada di bumi ini. Ada bermacam-macam makhluk hidup yang Tuhan ciptakan di bumi ini, mulai dari yang palin kecil sampai yang terbesar, makhluk lautan ,mahluk daratan, makhluk pemakan rumput  dan termasuk manusia, juga dikategorikan sebagai makhluk hidup.

Dalam kehidupan juga terdapat sebuah tingkatan-tingkatan keselarasan suatu kehidupan, kesamaan yang berpola dari yang sederhana sampai yang rumit atau komplek, hal inilah yang di namakan tingkat organisasi kehidupan.  

Struktur organisasi kehidupan terkecil
Struktur organisasi kehidupan terkecil hingga terbesar yaitu sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.

Komponen-komponen Struktur Organisasi Kehidupan

Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari yang paling kecil sampai yang paling besar yaitu Molekul, Organel, Sel, Jaringan, Organ, Sistem organ, Organisme, populasi, Komunitas, Ekosistem, Bioma, dan Biosfer.

Struktur organisasi kehidupan terkecil
Pengelompokan dan pengurutan tingkat kehidupan di bumi. Struktur organisasi kehidupan diurutkan dan dikelompokkan dari unit paling sederhana yakni dari unit molekul hingga paling rumit yakni biosfer.

Molekul

Organisasi kehidupan dari tingkat yang paling sederhana yakni adalah molekul. Setiap makhluk hidup disusun oleh molekul-molekul organik. Molekul-molekul tersebut antara lain: Lemak, karbohidrat, protein, vitamin dan lain sebagainya. Molekul-molekul tersebutlah yang dinamakan molekul organik atau biomolekul. Pada umumnya, molekul organik yang menyusun sel makhluk hidup terdiri dari hidrogen (H), Oksigen (O), nitrogen (N), dan Karbon (C).

Seluruh kegiatan biologis makhluk hidup melibatkan molekul-molekul diatas. Misalnya, pada respirasi sel, sebuah molekul kompleks dipecah secara bertahap oleh enzim (sejenis protein) untuk memperoleh energi.

Bidang ilmu yang mempelajari peranan, jenis-jenis, dan interaksi molekul-molekul dalam kehidupan antara lain biologi molekuler, biokimia, dan kimia organik.

Organel

Organel merupakan bagian dari penyusun sel yang terdiri dari beberapa biomolekul atau molekul organik yang mempunya fungsi-fungsi tersendiri. Contoh organel suatu sel yakni seperti Retikulum endoplasma, ribosom, mitokondria, risosom, badan golgi, sentrosom, plastida, vakuola, mikrotubulus, mikrofilamen dan peroksisom.

Sel

Sel merupakan unit terkecil dari sebuah struktural dan fungsional makhluk hidup. Berdasarkan jumlah sel makhluk hidup tergolong dari multiseluler dan uniseluler (organisme bersel satu). Contoh makhluk hidup bersel satu yaitu bakteri, archaea, dan protozoa. Sedangkan makhluk hidup yang bersel banyak atau multiseluler adalah seperti manusia hewan dan juga tumbuhan.

Jaringan

Jaringan merupakan perkumpulan dari beberapa sel yang memiliki fungsi yang sama juga. Jaringan ini bepran membentuk struktur dasar pada tubuh. Contoh jaringan pada tubuh manusia yakni jaringan syaraf, epitel, jaringan otot dan lain sebagainya.

Organ

Demikian juga dengan organ, organ merupakan sekumpulan dari multijaringan yang mempunyai sistem fungsi tertentu. Setiap makhluk hidup terdiri dari beberapa sistem organ yang memiliki peran tersendiri terhadap makhluk hidup tersebut. Contoh sistem organ pada manusia adalah seprti mata, paru-paru, jantung, hidung, ginjal, dan lain sebagainya. Organ-organ itu memiliki peranan sendiri terhadap tubuh seprti mata untuk melihat, hidung untuk mencium, paru-paru untuk menampung udara dll.

Sistem Organ

Tingkat organisasi kehidupan yang selanjutnya yaitu sistem organ. Sistem organ merupakan penggabungan dari beberapa organ yang saling kerjasama satu sama lain yang bertujuan untuk memiliki fungsi tertentu. Contoh sistem organ pada manusia seperti sistem organ pernafasan, sistem pencernaan, sistem syaraf, sistem ekresi dan lainya. Yang mana dari sistem organ tersebut terdiri dari bebrapa organ misalnya sistem pernafasan yang terdiri dari hidung, laring, trakea dan paru-paru.

Organisme

Organisme bisa di katakan juga individu. Organisme atau individu adalah sekumpulan sistem-sistem organ yang membentuk sebuah tubuh. Dalam sistem organisme juga mendukung terhadap tubuh tersebut sehingga bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Contoh organisme seperti tubuh manusia. Tubuh manusia terdiri dari sistem organ yang memungkinkan manusia untuk bergerak, berespirasi, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan berkembang biak.

Organisme terdiri dari berbagai sistem organ yang memungkinkan individu tersebut bergerak, ber-metabolisme, berinteraksi dengan sekitar, dan berkembang biak. (Image: SSD Science)

Populasi

Populasi merupakan sekumpuln organisme-organisme yang hidup di daerah tertentu, di tempat yang sama dan di waktu yang sama. Contohnya seperti sekumpulan semut di tanah, sekumpulan jerapah di padang rumput, sekumpulan manusia di suatu perdesaan atau perkotaan, dan lain sebagainya.

Komunitas

Tingkat organisasi setelah populasi adalah komunitas. Komunitas merupakan kumpulan dari populasi hidup pada suatu lokasi dalam waktu yang bersamaan. Contohnya, komunitas di sawah terdapat populasi padi, tikus, belalang, dan ular.

Ekosistem

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara populasi yang membentuk komunitas terhadap lingkungan abiotiknya, lingkungan abiotik seperti air, udara, tanah, dan sinar matahari. Jadi, ekosistem juga bisa diartikan suatu hubungan antara hewan-hewan yang hidup di suatu tempat dengan keadaan di tempatnya seperti tanah, air, sinar matahari tadi. Ekosistem juga dibagi menjadi dua yakni ekosistem alami dan ekosistem buatan. Contoh ekosistem seperti ekosistem hutan, ekosistem pantai, ekosistem hutan dan lain sebagainya.

Bioma

Bioma merupakan sekumpulan ekosistem yang dipengaruhi suatu keadaan setempat yang mana makhluk hidup pada lokasi tersebut sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ditinggali. Dalam bumi ini ada tujuh macam bioma yakni gurun pasir, hutan hujan tropis, taiga, tundra, hutan gugur, sabana dan padang rumput.

Biosfer

Bumi merupakan biosfer, yang mana di dalamnya terdapat suatu eluk bermacam kehidupan. Ciri utama biosfer pada bumi adalah adanya oksigen yakni yang berfungsi untuk menopang seluruh makhluk hidup yang ada di daratan bumi ini.


Pertanyaan Seputar Struktur Kehidupan

Sebut dan jelaskan struktur organisasi kehidupan dari yg terkecil hingga terbesar

Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari yang paling kecil sampai yang paling besar yaitu Molekul, Organel, Sel, Jaringan, Organ, Sistem organ, Organisme, populasi, Komunitas, Ekosistem, Bioma, dan Biosfer.

Apa yang dimaksud dengan struktur organisasi kehidupan?

Pengelompokan dan pengurutan tingkat kehidupan di bumi. Struktur organisasi kehidupan diurutkan dan dikelompokkan dari unit paling sederhana yakni dari tingkat molekuler hingga paling kompleks yakni biosfer.