Universitas Jember Merilis Tebu Transgenik Pertama Dunia

Our Score
Apakah artikel ini memuaskan?
[Total: 0 Average: 0]

Tebu Transgenik Pertama Dunia Asal Universitas Jember

National Geographic Indonesia (NGI) yang beralamat di http://nationalgeographic.co.id/ pada tahun 2013 lalu mengklaim bahwa Indonesia adalah negara pertama yang berhasil memproduksi tebu transgenik. Tebu transgenik “karya” tim peneliti bioteknologi Universitas Jember tersebut telah mendapat sertifikat keamanan hayati dan lingkungan  dari Kementrian Pertanian. namun, tebu transgenik tersebut belum mendapat sertifikat keamanan pakan (pangan) dari pihak terkait.

tebu transgenik universitas jemeber
Gambar 1. Tebu Transgenik

Tebu transgenik Karya Peneliti Universitas Jember yang mendapat sertifikat keamanan lingkungan dan hayati tersebut adalah tebu transgenik yang tahan terhadap cekaman kekeringan. Persetujuan ini merupakan yang pertama untuk tanaman transgenik yang dikembangkan di Indonesia. Tebu biotek tahan kekeringan ini dikembangkan oleh para peneliti P3GI dari PT Riset Perkebunan Nusantara bekerja sama dengan Universitas Negeri Jember, Jawa Timur.

Produk Rekayasa Genetika (PRG) NXI-4T Toleran Kekeringan merupakan klon tebu baru hasil perakitan melalui proses transformasi genetik gen betA yang menyandi untuk protein CDH (choline dehydrogenase). Gen betA dikloning dari bakteri Rhizobium meliloti dan dikonstruk pada vektor pMLH2113 dibawah kendali DNA promoter CaMV35S. Transformasi genetik dilakukan menggunakan Agrobacterium tumefaciens strain LBA 4404 yang mengandung konstruk pMLH2113. Tebu PRGNXI 4T toleran kekeringan merupakan varietas tebu baru hasil perakitan melalui proses transformasi genetik menggunakan ekplan kalus tebu varietas BL (Bululawang). Tebu transgenik ini telah mendapat sertifikasi Keamanan Lingkungan dan Hayati dari Kementerian Lingkungan Hidup dan sertifikasi keamanan pangan oleh EFSA (European Food Safety Authority).

Sumber:

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/11/indonesia-hasilkan-tebu-transgenik

http://www.priatama.net/2013/11/tebu-transgenik-pertama-Indonesia.html

6 thoughts on “Universitas Jember Merilis Tebu Transgenik Pertama Dunia”

Leave a Comment